Soal Bab 5
1.
Buatlah
panduan wawancara pada divisi
a.
Personalia
b.
Marketing
2.
Jelaskan
teknik – teknik pengumpulan data yang biasa anda gunakan di dalam penelitian
dari teknik – teknik tersebut, teknik manakah yang paling baik digunakan
menurut anda, jelaskan alasannya serta sebutkan masing – masing kelebihan dan
kekurangan teknik kekurangan tersebut pengumpulan data tersebut.
3.
Pada
saat anda menggunakan teknik observasi untuk mengamati system informasi
akademik yang ada di UMC, maka rencanakan terlebih dahulu observasi yang akan
dilakukan. (5W1H)
4.
Jelaskan
teknik – teknik daftar pertanyaan yang bisa digunakan.
a.
Format
bebas
b.
Format
pasti
5.
Buatlah
daftar pertanyaan baik dalam format bebas maupun dalam format pasti.
2.
WAWANCARA
adalah suatu percakapan langsung dengan
tujuan-tujuan tertentu dengan menggunakan format tanya jawab yang terencana.
Wawancara memungkinkan analis sistem mendengar tujuan-tujuan, perasaan, pendapat
dan prosedur-prosedur informal dalam wawancara dengan para pembuat keputusan
organisasional.
Kelemahan
·
Proses
wawancara membutuhkan waktu yang lama, sehingga secara relatif mahal
dibandingkan dengan teknik yang lainnya.
·
Keberhasilan
hasil wawancara sangat tergantung dari kepandaian pewawancara untuk melakukan
hubungan antar manusia.
Kelebihan
·
Wawancara
memberikan kesempatan kepada pewawancara untuk memotivasi orang yang
diwawancarai untuk menjawab dengan bebasa dan terbuka terhadap
pertanyaa-pertanyaan yang diajukan.
·
Memungkinkan
pewawancara untuk mengembangkan pertanyaan - pertanyaan sesuai dengan situasi
yang berkembang.
OBSERVASI
adalah pengamatan langsung suatu kegiatan yang sedang
dilakukan.
Kelemahan
·
Umumnya
orang yang diamati merasa terganggu atau tidak nyaman, sehingga akan melakukan
pekerjaanya dengan tidak semestinya.
·
Pekerjaan
yang sedang diobservasi mungkin tidak dapat mewakili suatu tingkat kesulitas
pekerjaan tertentu atau kegiatan-kegiatan khusus yang tidak selalu dilakukan.
Kelebihan
·
Data
yang dikumpulkan melalui observasi cenderung mempunyai keandalan yang tinggi.
·
Penganalisis
melalui observasi dapat melihat langsung apa yang sedang dikerjakan.
Pekerjaan-pekerjaan yang rumit kadang-kadang sulit untuk dijelaskan dengan
kata-kata. Melalui observasi, penganalisis dapat mengidentifikasikan
kegiatan-kegiatan yang tidak tepat yang telah digambarkan oleh teknik
pengumpulan data yang lain.
DAFTAR PERTANYAAN (KUESIONER)
Suatu daftar yang
berisi dengan pertanyaan-pertanyaan untuk tujuan khusus yang
memungkinkan penganalisis untuk mengumpulkan data mengenai sikap, keyakinan,
perilaku dan karakteristik dari orang-orang utama di dalam organisasi serta
pendapat dari responden yang dipilih.
kelemahan
·
Kuesioner
tidak menggaransi responden untuk menjawab pertanyaan dengan sepenuh hati.
·
Kuesioner
cenderung tidak fleksibel, artinya pertanyaan yang harus dijawab terbatas yang
dicantumkan di kuesioner saja, tidak dapat dikembangkan lagi sesuai dengan
situasinya.
Kelebihan
·
Kuesioner
baik untuk sumber data yang banyak dan tersebar.
·
Responden
tidak merasa terganggu, karena dapat mengisi kuesioner dengan memilih waktunya
sendiri yang paling luang.
Teknik yang paling baik digunakan adalah teknik
observasi, karena dengan teknik ini kita langsung dating ketempat dan melihat
keadaan sekitar, jadi tahu akan kondisi dan informasinya akan lebih akurat.
3.
5W1H
a.
Peralatan
apa saja yang di butuhkan untuk membangun sistem informasi akademik di
Universitas Muhammadiyah Cirebon ini.
b.
Siapa
saja yang dapat mengakses sistem informasi akademik di Universitas Muhammadiya
Cirebon ini.?
c.
Di
mana saja kita bisa mengakses sistem akademik Universitas Muhammadiyah Cirebon ?
d.
Kenapa
sistem akademik terkadang mudah di retas, dan apa yang yang harus dilakukan
agar sistem tidak mudah diretas .?
e.
Bagaimana
penerapan sistem informasi pada Universitas Muhammadiyah Cirebon.?
4.
format bebas berisi dengan pertanyaan-pertanyaan yang harus disi
oleh responden di tempat yang sudah disediakan.
Format
pasti
tipe ini mempunyai beberapa bentuk
pertanyaan.diantaranya adalah
a.
Check-off Questions
Jenis dari
pertanyaan ini dibuat sehingga responden dapat memeriksa (check-off)
jawaban-jawaban yang sesuai.
b.
Yes/NO Questions
Jenis dari
pertanyaan ini memungkinkan responden untuk menjawab “Ya” atau “Tidak”.
c.
Opinion/choice Questions
Jenis dari
pertanyaan ini memungkinkan responden untuk memberikan pendapatnya.
5.
HRD
Format
bebas :
a.
Bagaimana
cara anda menemukan karyawan yang benar - benar dibutuhkan di perusahaan ini.?
b.
Apa
saja yang dibutuhkan calon karyawan baru ketika ingin seleksi masuk ke
perusahaan ini.?
c.
Ada
berapa tahap seleksi untuk menjadi karyawan di perusahaan ini.?
d.
Apa
yang harus anda persiapkan dalam menjalankan tugas sebagai HRD, karena disini
anda memiliki tanggung jawab yang besar kepada perusahaan dalam mencari
karyawan.?
Format
pasti :
a.
Perusahaan
memberikan fasilitas kerja yang memadahi bagi saya. ( YA / TIDAK)
b.
Koordinasi
antar departemen di perusahaan saya berjalan lancer. ( YA / TIDAK)
c.
Pekerjaan
yang saya lakukan memberikan manfaat dalam peningkatan kualitas hidup manusia
baik secara langsung maupun tidak langsung. ( YA / TIDAK)
d.
Perusahaan
selalu memberikan kepercayaan kepada saya untuk mengerjakan tugas sebagai
karyawan di perusahaan saya. ( YA / TIDAK)
Marketing
Format
bebas :
a.
Mengapa
pemasaran online semakin disukai daripada pemasaran offline.?
b.
Apa
kendala yang sering di alami ketika memasarkan produk perusahaan.?
c.
Target
apa saja yang sering di limpahkan ke divisi marketing
d.
Dalam
menjalankan tugas perusahaan, hal apa sajakah yang harus anda persiapkan dalam
menghadapi calon konsumen di lapangan.?
Format pasti :
a.
Jika
diperlukan saya bersedia kerja lembur
demi memenuhi target yang harus terpenuhi. (
YA / TIDAK)
b.
Jika
sesekali di perlukan, saya bersedia membantu melakukan pekerjaan yang tidak
berhubungan langsung dengan pekerjaan saya, namun bermanfaat bagi perusahaan. ( YA / TIDAK)
c.
Walaupun
tidak ada interuksi dari atasan, saya dapat mencapai target pekerjaan dengan
baik. ( YA / TIDAK)
d.
Perusahaan
memberikan penghasilan , tunjangan dan fasilitas yang memadai dibandingkan
dengan perusahaan lain dalam industry sejenis. ( YA / TIDAK)
Entry Data Processing
Format
bebas :
a. Tahapan apa saja yang ada di dalam Electronic Data
Processing ?
b. Sistem program apa saja yang terdapat di dalam
elektronik data processing ?
c. Siapa sajakah yang bisa menggunakan Elektronik Data Processing dalam
suatu perusahaan ?
d. Apakah Elektronik Data Processing dalam Perusahaan
anda melakukan Audit secara teliti ?
Format
pasti :
a.
Apakah
direktur boleh menggunakan Elektronik Data Processing pada suatu perusahaan ? ( YA / TIDAK)
b.
Apakah
dalam metode organisasi dan pemrosesan data pada elektronik Data Processing trdapat
2 cara ? ( YA / TIDAK)
c.
Apakah
perusahaan juga merupakan sasaran penjualan elektronik data processing ? ( YA / TIDAK)
d.
Bagaimana
Tanggapan Karyawan lain tentang EDP dalam membantu kinerja mereka ? ( YA / TIDAK )
Soal Bab 6
1.
Jelaskan
Desain Sistem Pendekatan secara Terstruktur dengan Desain Sistem Berorientasi
Objek dipandang dari : alat permodelan yang digunakan, metodologi pengembangan
system maupun system operasi dan bahasa pemrograman yang digunakan.
2.
Jelaskan
perbedaan antara Desain Sistem secara Umum dan Desain Sistem secara Terinci
dipandang dari tujuan dan komponen – komponen yang digunakan.
3.
Jelaskan
alat – alat permodelan yang digunakan dalam perancangan system beserta symbol –
symbol yang digunakan.
Jawaban
1.
Definisi
Desain Sistem Pendekatan secara Testruktur
Merupakan
aktivitas mentransformasikan suatu hasil analisis ke dalam suatu perencanaan
untuk dapat diimplementasikan ( diotomasikan).
Alat – alat
yang digunakannya yaitu :
·
DFD(
Data Flow Diagram )
·
Kamus
Data
·
Entity
Relationship Diagram (ERD)
·
State
Transition Diagram (STD)
Metodologi Pengembangan Sistem
a.
Metodologi
pemecahan fungsional
Metodologi
ini menekankan pada pemecahan sistem ke dalam subsistem-subsistem yang lebih
kecil, sehingga akan lebih mudah untuk dipahami, dirancang, dan diterapkan.
b.
Metodologi
berorientasi data
Metodologi
ini menekankan pada karakteristik data yang akan diproses.
c.
Prescriptive
methodologies
Metodologi
ini merupakan metodologi yang dikembangkan oleh sistem house dan pabrik-pabrik perangkat
lunak dan tersedia secara komersial dalam paket-paket program.
Bahasa
Pemrograman Yang Digunakan : C, C++, C#, Pascal
Sedangkan
Desain Sistem PBO adalah Suatu teknik atau cara pendekatan baru dalam melihat
permasalahan dan sistem (sistem perangkat lunak. Sistem informasi, atau sistem
lainnva). Pendekatan berorientasi objek akan memandang sistem yang akan
dikembangkan sebagai suatu kumpulan objek yang berkorespondensi dengan
objek-objek dunia nyata.
Alat – alat
yang digunaka yaitu :
·
Object
Oriented Analysis (OOA) dan Object Oriented Design (OOD) dari Peter Coad dan
Edward Yourdon [1990].
·
Object
Modeling Technique (OMT) dan James Rumbaugh, Michael Blaha, William Premerlan,
Frederick Eddy dan William Lorensen [1991].
·
Object
Oriented Software Engineering (OOSE) dan Ivar Jacobson [1992].
·
Booch
Method dan Grady Booch [1994].
·
Sritrop
dan Steve Cook dan John Daniels [1994].
·
UML
(Unified Modeling Language) dari James Rumbaugh. Grady Booch dan Ivar Jacobson
[1997].
Metodologi Pengembangan Sistem
a.
Encapsulation
Encapsulation merupakan dasar untuk pembatasan ruang
lingkup program terhadap data yang diproses. Data dan prosedur atau fungsi
dikemas bersama-sama dalam suatu objek, sehingga prosedur atau fungsi lain dari
luar tidak dapat mengaksesnya. Data terlindung dari prosedur atau objek lain,
kecuali prosedur yang berada dalam objek itu sendiri.
b.
Inheritance
Inheritance adalah teknik yang menyatakan bahwa anak
dari objek akan mewarisi data/atribut dan metode dari induknya langsung.
Atribut dan metode dari objek dari objek induk diturunkan kepada anak objek,
demikian seterusnya. Inheritance mempunyai arti bahwa atribut dan operasi yang
dimiliki bersama di anatara kelas yang mempunyai hubungan secara hirarki. Suatu
kelas dapat ditentukan secara umum, kemudian ditentukan spesifik menjadi
subkelas. Setiap subkelas mempunyai hubungan atau mewarisi semua sifat yang
dimiliki oleh kelas induknya, dan ditambah dengan sifat unik yang dimilikinya.
Kelas Objek dapat didefinisikan atribut dan service dari kelas Objek lainnya.
Inheritance menggambarkan generalisasi sebuah kelas.
c.
Polymorphism
Polimorfism yaitu konsep yang menyatakan bahwa seuatu
yang sama dapat mempunyai bentuk dan perilaku berbeda. Polimorfisme mempunyai
arti bahwa operasi yang sama mungkin mempunyai perbedaan dalam kelas yang
berbeda. Kemampuan objek-objek yang berbeda untuk melakukan metode yang pantas
dalam merespon message yang sama. Seleksi dari metode yang sesuai bergantung
pada kelas yang seharusnya menciptakan Objek.
Bahasa Pemrograman Yang Digunakan : HTML, Java.
2.
Desain
Sistem secara Umum
Tujuan dari
desain sistem secara umum adalah untuk memberikan gambaran
secara umum
kepada user tentang sistem yang baru.
Komponen –
komponen Yang Digunakan :
a)
Model;
b)
Output;
c)
Input;
d)
Database;
e)
Teknologi;
f)
Kontrol.
Sedangkan Desain Sistem Terinci
Tujuan dari Desain Sistem Terini adalah untuk
menggambarkan lay out atau tata letak pemrograman aplikasi secara terinci.
Komponen – komponen Yang Digunakan :
a)
Input;
b)
Output;
c)
Dialog
Layar Terminal (Interface);
d)
Teknologi.
3.
Alat
– alat permodelan yang digunakan dalam perancangan system beserta symbol –
symbol yang digunakan :
a)
Aliran
Sistem Informasi (ASI)
Aliran
system informasi sangat berguna untuk mengetahui permasalahan yang ada pada
suatu system. Dari sini dapat diketahui apakah system informasi tersebut masih
layak dipakai atau tidak, masih manual atau komputerisasi. Jika system
informasinya tidak layak lagi maka perlu adanya perubahan dalam pengolahan
datanya sehingga menghasilkan informasi yang cepat dan akurat serta keputusan
yang lebih baik. Berikut symbol – symbol dari Aliran Sistem Informasi :
b)
Context
Diagram
Context
Diagram adalah gambaran umum tentang suatu system yang terdapat didalam suatu
organisasi yang memperlihatkan batasan (boundary) system, adanya interaksi antara eksternal
entity dengan suatu system dan informasi secara umum mengalir diantara entity
dan system. Context Diagram merupakan alat bantu yang digunakan dalam menganalisa
system yang akan dikembangkan.
Simbol –
simbol yang digunakan didalam Context Diagram hampir sama dengan simbol –
simbol yang ada pada DFD, hanya saja pada Context Diagram tidak terdapat simbol
file.
Berikut
simbol – simbol Context Diagram :
c)
Data
Flow Diagram (DFD)
DFD
merupakan gambaran sistem secara logika
yang tidak tergantung pada perangkat keras, lunak, struktur data dan organisasi
file. Kentungan dari DFD adalah untuk memudahkan pemakai yang kurang menguasai
bidang computer untuk mengerti system yang akan dikerjakan atau dikembangkan.
Berikut
simbol – simbol dari Data Flow Diagram (DFD) :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar