Soal
Bab 3 dan 4
1. Jelaskan
apa yang dimaksud dengan kebijakan sistem, dan jelaskan pula faktor – faktor
yang perlu diperhatikan dalam kebijakan tersebut ?
2. Jelaskan
langkah – langkah dalam perencanaan sistem ;
a) Merencanakan
proyek – proyek sistem
b) Mempersiapkan
proyek – proyek sistem yang akan dikembangkan
c) Mendefinisikan
proyek – proyek sistem yang akan dikembangkan
3. Sebutkan
proyek - proyek system informasi yang bisa dibuat di UMC beserta ruang lingkup
sistem masing – masing ?
4. Jelaskan
apa yang dimaksud dengan studi kelayakan dan jelaskan faktor – faktor yang
perlu dinilai dalam studi kelayakan tersebut ?
5. Jelaskan
langkah – langkah di dalam analisa sistem ?
PENYELESAIAN
1. Kebijakan
sistem (systems policy) merupakan landasan dan dukungan dari manajemen puncak
untuk membuat perencanaan sistem. Kebijakan sistem itu sendiri antara lain
dilakukan oleh management puncak, mengembangkan suatu sistem informasi,
menyediakan manajemen dengan informasi yang cukup, meningkatkan produktifitas
karyawan.
Faktor yang memperngaruhi kebijakan
sistem antara lain : Waktu, Sumber Daya Manusia.
2. Langkah
– langkah dalam perencanaa system
a) Merencanakan
proyek-proyek system
Tahapan proses perencanaan sistem yaitu
:
·
Mengkaji tujuan, perencanaan
strategi dan taktik perusahaan;
·
Mengidentifikasi proyek-proyek
system;
·
Menetapkan sasaran proyek-proyek
system;
·
Menetapkan kendala proyek-proyek
sistem (mis. Batasan biaya, waktu, umur ekonomis, peraturan yang berlaku);
·
Menetukan prioritas proyek-proyek
system;
·
Membuat laporan perencanaan
system;
·
Meminta persetujuan manajemen.
b) Mempersiapkan
proyek-proyek sistem yang akan dikembangkan. Persiapan ini meliputi :
·
Menunjuk team analis (dapat
berasal dari departemen pengembangan;
·
yang ada atau dari luar
perusahaan (konsultan);
·
Mengumumkan proyek pengembangan
system.
c) Mendefinisikan
proyek-proyek sistem yang dikembangkan
d) Melakukan
studi untuk mencari alternatif pemecahan terbaik yang paling layak untuk
dikembangkan.
Tahapan yang dilakukan yaitu :
·
Mengidentifikasi kembali ruang
lingkup dan sasaran proyek system;
·
Melakukan studi kelayakan;
·
Menilai kelayakan proyek system;
·
Membuat usulan proyek system;
·
Meminta persetujuan manajemen.
3. Proyek
– proyek sistem informasi yang dibuat Universitas Muhammadiyah Cirebon beserta
ruang lingkupnya
a) Sistem
Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB)
Ruang lingkup sistem informasi
Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) untuk memudahkan mahasiswa mendapatkan
informasi tentang program study yang ada di UMC, biaya Administrasi awal,
fasilitas - fasilitas kampus, dan
Prosedur pendaftaran calon mahasiswa baru sampai diterima sebagai mahasiwa
baru.
b) Sistem
Informasi Akademik
Ruang
lingkup ini yakni mengembangkan sistem informasi manajemen perkuliahan untuk
laporan absensi dosen, pengolahan data untuk laporan silabus perkuliahan,
laporan satuan acara perkuliahan, jadwal kuliah dan monitoring perkuliahan.
c) Sistem
Informasi Pengelola
Identitas
Kampus, setting tahun ajaran, seting kurikulum, koneksi database, dan format
tanggal.
d) Sistem
informasi aplikasi berbasis android ( SIMAKU)
Mengisi
KRS online, melihat KRS hasil transaksi krs yang telah dilakukan, melihat hasil
kuliah per semester. Melihat tagihan / pembayaran perkuliahan.
4. Studi
kelayakan Sistem Informasi adalah penelitian yang menyangkut berbagai aspek
baik itu dari aspek hukum, sosial ekonomi dan budaya, aspek pasar dan
pemasaran, aspek teknis dan teknologi sampai dengan aspek manajemen dan
keuangannya, dimana itu semua digunakan untuk dasar penelitian studi kelayakan
dan hasilnya digunakan untuk mengambil keputusan apakah suatu proyek system
informasi atau bisnis dapat dikerjakan atau ditunda dan bahkan tidak
dijalankan.
Faktor
kelayakan harus meliputi kriteria berikut ini :
·
Kelayakan Teknik /Technical
Feasibility;
·
Kelayakan Ekonomi/Economic
Feasibility;
·
Kelayakan Hukum/Legal feasibility;
·
Kelayakan Operasional/Operational
Feasibility;
·
Kelayakan Jadwal/Schedule
Feasibility.
5. Langkah
– langkah didalam analisa sistem antara lain :
·
Identify, yaitu mengidentifikasi
masalah;
·
Understand, yaitu memahami kerja
dari sistem yang ada;
·
Analyze, yaitu menganalisis
sistem;
·
Report, yaitu membuat laporan
hasil analisis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar